Keahlian-keahlian Komunikasi yang Efektif: Kunci untuk Gaya Hidup yang Lebih Menyenangkan dan Lebih Sehat

By Team Content Borobudur Training

 

Keahlian-keahlian komunikasi yang efektif dapat menguntungkan setiap orang pada setiap tahap di dalam kehidupan mereka.

Jenis-jenis keahlian lunak ini sangat diperlukan di tempat kerja, dan menjadi integral di dalam mempertahankan gaya kehidupan di rumah yang menyenangkan dan bertahan lama.

Memperbaiki kemampuan anda untuk berkomunikasi dapat memberikan dampak yang sangat positif di dalam banyak bidang kehidupan anda. Anda dapat mengharapkan suatu peningkatan kebahagiaan, kepercayaan, dan interaksi sosial yang berhasil.

Penting sekali selama proses perbaikan komunikasi menghilangkan rintangan-rintangan komunikasi.

Sering menjadi kasus bahwa orang-orang membuat rintangan-rintangan dan menyebabkan ketakutan-ketakutan berdasarkan kekurangan-kekurangan komunikasi masa lalu, dan rintangan-rintangan ini sering menjadi sulit diatasi.

Seseorang dapat menyerang apabila berbicara disebabkan karena isu-isu kepercayaan, atau jarang mengadakan kontak mata apabila mendengarkan.

Mereka dapat mengemudikan percakapan yang jelas dengan orang-orang tak dikenal atau menghindari konflik dengan seorang anggota keluarga atau kolega.

Perbaikan pada keahlian-keahlian komunikasi anda dapat membantu anda mengekspresikan dengan lebih baik pendapat atau perasaan anda. Perbaikan-perbaikan ini dapat membantu anda di manapun anda berada, dari ruang dewan ke kamar tidur.

 

Apabila ditanya artinya keahlian-keahlian komunikasi yang efektif untuk mereka, orang kebanyakan sering lupa tentang peranan dari mdnengarkan.

Menjadi pendengar yang kuat dan proaktif merupakan integral di dalam berkomunikasi secara efektif. Keahlian-keahlian komunikasi yang efektif adalah banyak berhubungan dengan mendengarkan yang sama banyaknya dengan berbicara.

Mendengarkan aktif merupakan komponen penting dari memahami orang tersebut atau orang-orang dengan siapa anda berkomunikasi, dan memungkinkan anda untuk menjangkau mereka dengan lebih baik.

Dengan mengkomunikasi secara efektif perasaan-perasaan kesedihan, kebahagiaan, atau penyesalan yang dalam, individu-individu memperbaiki kemampuannya untuk berempati dan bersimpati pada orang-orang di sekitar mereka.

Dengan meningkatkan kemampuannya untuk berkomunikasi, individu-individu meningkatkan kesempatan mereka secara luas untuk pertumbuhan pribadi.

Keahlian-keahlian komunikasi yang kuat benar-benar dapat memperbaiki kemampuan kepemimpinan seseorang, termasuk memotivasi para bawahan di tempat kerja atau para anggota keluarga di rumah.

Dari perspektif pemeliharaan diri sendiri, keahlian-keahlian komunikasi yang efektif merupakan komponen penting dari manajemen tekanan pribadi.

Dengan meningkatkan keefektifan komunikasinya seseorang dapat menjadi lebih tegas, termasuk kemampuan yang meningkat untuk menguasai percakapan atau situasi, dan menghasilkan kesimpulan yang diinginkan.

Keahlian-keahlian komunikasi yang bertambah baik juga benar-benar dapat memperbaiki kemampuan seseorang untuk melaksanakan manahemen konflik, baik di rumah atau di tempat kerja.

Keahlian-keahlian percakapan yang bertambah  baik  akan
Meningkatkan kemampuan individu-individu untuk bertemu dengan pasangan atau mendapatkan teman-teman baru; berkomuniaksi secara efektif membantu seseorang menerima diri mereka sendiri dengan penuh percaya diri, dan memproyeksikan kepribadian karismatik dan suka berteman.

Kemajuan-kemajuan dalam pertumbuhan pribadi ini juga akan memperbaiki keahlian-keahlian pembentukan jaringan orang-orang.

Semakin benar adanya bahwa pembentukan jaringan yang efektif merupakan penggerak atau pendorong utama keberhasilan di pasar pekerjaan global, kompetitif, dan melangkah sangat cepat.

Kemampuan untuk ‘schmooze’ dengan manajemen senior, atau menyenangkan kepada para eksekutif perusahaan dapat menyebabkan tanggung jawab yang bertambah, upah yang lebih besar, dan kesempatan-kesempatan yang meningkat untuk kemajuan.

Komunikasi fisik, termasuk keadaan gelisah, gerak isyarat tangan, dan gerakan mata, merupakan aspek penting komunikasi. Hal ini juga dianggap oleh banyak orang sebagai komponen paling sulit untuk dipantau dan diperbaiki.

Orang-orang sering memfokuskan secara sungguh-sungguh pada apa yang dikatakan oleh mereka atau pada apa yang didengar oleh mereka, bahwa mereka tidak memperhatikan gerakan-gerakan fisik mereka.

Seni berbicara di depan umum merupakan seni yang sulit dikuasai untuk orang kebanyakan.

Ini merupakan keseimbangan yang teliti dari menanamkan pesan penting pada pendengar sambil mempertahankan perhatian mereka.

Seorang komunikator yang efektif dapat menemukan cara untuk menghidupkan orasinya dan menggunakan kekuatan tidak hanya suaranya tetapi juga kekuatan fisikalitas untuk menghibur dan mendidikan pendengar.

Unsur penting dari komunikasi yang efektif adalah memahami orang atau kelompok dengan siapa anda berinteraksi. 

Seorang komunikator yang kuat harus mengetahui kapan lelucon-lelucon atau kelakuan-kelakuan tertentu menjadi tepat, dan kapan hal itu menjadi tidak tepat.

Humor dapat menjadi sekutu yang kuat tetapi dapat menyerang anda dengan cepat apabila digunakan tanpa ketelitian dan kebijaksanaan.

Komponen penting lainnya dari keahlian-keahlian komunikasi yang efektif penggunaan kata tertulis yang tepat. Meskipun memperoleh pendidikan dan gelar, namun banyak orang tetap merasakan bahwa keahlian-keahlian menulis mereka jauh dari diinginkan.

Perbaikan keahlian-keahlian menulis, seperti halnya dengan banyak hal di dalam kehidupan, harus didekati dalam langkah-langkah kecil dengan bantuan dari petunjuk-petunjuk pelatihan.

Melakukan praktek yang baik untuk mencoba menulis secara singkat tentang apa yang disukai dan tidak disukai oleh anda, atau mungkin permintaan maaf singkat kepada seseorang.

Menulis yang berhasil dapat menyampaikan maksud dengan penggunaan bahasa ekspresif dan halus, sambil tidak ‘menyerang’ perasaan-perasaan pembaca dengan perbendaharaan kata bertele-tele yang sedikit menanamkan pemahaman.

 

 

 

The Art of Leadership

Assertive Leadership

Transformational Leadership

Leadership Coaching

Advanced Leadership

The First 90 Days

Pelatihan managing Emotion under pressure

Effective School Leadership

Managing Emotions

pelatihan executive coaching  

Executive Coaching

 

 

Jadwal Pelatihan yang Akan Datang

Tanggal 4 - 5 Juni 2015

* Transformational Leadership
* Exceptional Service
* Executive Coaching
* Competency Based HRM
* Kiat & Strategi Persiapan Pensiun
* How to Get Ideas
* Successful Project Management
* People Management Skill for New Supervisor & Team Leader
* Handling Sales Objections Effectively

Tanggal 9 - 10 Juni 2015

* Effective H.R Transformation

* Accurate Problem Solving & Decision Making
* How To Lead A Team
* How to Read & Understand Financial Statements
* Marketing Metrics
* How to Communicate with Tact & Professionalism
* Managing Emotions Under Pressure
* The First 90 Days
* Effective Succession Planning

Tanggal 11 - 12 Juni 2015

* Membangun Karisma agar Anda Lebih Sukses - Charismatic Leadership
* E.Q Interview
* DNA Of Success
* Finance & Accounting for Non-Financial Managers
* The Secret Selling to the Subconscious mind
* Effective Training forTrainer
* Effective Internal Audit
* Getting Things Done Without Worry
* Writing Skill For Executive Assistant

Tanggal 16 - 17 Juni 2015

* Leadership Coaching
* Customer Service Skill
* Making Transition from Staff to Supervisor
* Financial Statement Fraud
* How to Bargain & Negotiate
* Sales Planning & Management Marketing
* Fundamentals of Human Resources Management
* Media Handling & Communication Skill
* Time & Stress Management
* Manajemen Keskretariatan & Kearsipan

Tanggal 18 - 19 Juni 2015

* Crisis Management
* The Art Of Leadership
* H.R Assistant
* Why People Buy
* Best Practices of Cost Reduction & Cost Control
* How to Deliver Exceptional Customer Service
* Communication Skill
* How to Deal With Unacceptbale Behavior
* Getting Results Without Authority

Tanggal 23 - 24 Juni 2015

* The Ultimate Supervisor
* The Science of Influence
* Contract Drafting & Negotiation Skill
* Strategic Planning For Non-Profit
* Difficult Conversation
* Appreciative Inquiry for Change Management
* Managing Your Boss
*Creative Thinking & Decision Making
* Improving Your Managerial Effectiveness

Tanggal 25 - 26 Juni 2015

* Assertive Leadership
* Appreciative Leadership
* Corporate Social Responsibility
* Selling With Emotional Intelligent
* Body Language
* Effective Decision Making
* Strategic Human Resources Management
* Pajak Penghasilan Pegawai
* Malcolm Baldridge
* Knowledge Management
 

 

pelatihan manajemen krisis

Crisis Management

pelatihan memimpin tim

How to Lead a Team