Corporate Strategic

Pelatihan Understanding & Managing Organizational Behavior

memberikan guidelines untuk memahami dan mengapresiasi factor yang mempengaruhi organisasi.
Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Pelatihan Understanding & Managing Organizational Behavior

Bandung, 19 – 20 Juli 2018

Organizational behavior (OB) adalah studi tentang banyak factor yang mempengaruhi bagaimana orang dan kelompok bertindak, berpikir, merasa, dan tanggap terhadap pekerjaan dan organisasi.

Perilaku organisasi ini juga mempelajari bagaimana orang dan kelompok menanggapi perubahan lingkungan organisasi.

Memahami bagaimana orang-orang berperilaku dalam organisasi amatlah penting karena sebagian besar waktu karyawan dihabiskan di tempat kerja. Mereka dipengaruhi – baik positif atau negative – oleh situasi yang ada di organisasi itu.

Ketika para manajer dan karyawan memahami perilaku organisasi, mereka akan bisa membantu diri mereka maupun orang-orang lain untuk meningkatkan aspek yang positif, sekaligus mengurangi hal negative sebagai akibat mereka bekerja di organisasi.

Sebagian besar dari kita berpikir bahwa kita telah memiliki pemahaman mendasar, intuitif, dan commonsense dalam memahami perilaku manusia di organisasi. Hal ini wajar saja karena kita adalah manusia dan telah berpengalaman dalam pekerjaan.

Namun intuisi dan common sense kita sering salah, dan kita tidak benar-benar memahami mengapa orang bertindak dan bereaksi terhadap satu hal.

Contoh, banyak orang mengira bahwa karyawan yang bahagia adalah karyawan yang produktif…kepuasan kerja yang tinggi menyebabkan kinerja yang tinggi – atau menghukum seseorang yang kinerjanya rendah terus adalah cara bagus untuk meningkatkan kinerja…

Itu semua adalah kepercayaan, belief, yang mungkin salah atau benar namun menuntut kondisi yang khusus…Inilah yang akan diperoleh oleh seseorang ketika ia mempelajari Organizational Behavior.

Ia bisa menentukan dengan tepat kapan harus menghukum dan kapan harus memuji, menginspirasi dan memperoleh hasil yang optimal.

Materi Perilaku Organisasi akan memberikan guidelines yang membantu orang-orang di tempat kerja untuk memahami dan mengapresiasi terhadap banyak factor yang mempengaruhi organisasi.

Ketika orang-orang di berbagai tingkatan mempelajari Perilaku Organisasi akan membuat mereka mampu mengambil keputusan yang tepat tentang bagaimana mereka berperilaku dan bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Organizational Behavior akan menggantikan ‘kira-kira, menurut perasaan saya’ dengan teori yang solid, proven yang menyediakan guidelines dalam mengelola perilaku di dalam organisasi.

Ketika orang mempelajari Perilaku Organisasi mereka akan memperoleh seperangkat tools – concepts and theories – yang membantu orang-orang memahami, menganalisis dan menggambarkan apa saja yang terjadi di organisasi dan mengapa hal-hal itu terjadi dalam organisasi.

Contoh, ketika mereka sudah memahami Perilaku Organisasi, mereka akan tahu mengapa mereka dan orang-orang lain termotivasi untuk bergabung dalam organisasi.

Mereka akan tahu mengapa mereka merasa bahagia atau sedih dengan pekerjaan mereka. Mereka akan tahu mengapa ada orang-orang yang tahan bekerja selama 30 tahun, sedangkan lainnya tidak kerasan bekerja, walau dia hanya bekerja satu tahun saja.

Intinya, konsep dan teori pada Perilaku Organisasi memungkinkan karyawan untuk secara benar memahami, menggambarkan, dan menganalisis bagaimana karakteristik individu, kelompok, situasi kerja dan organisasi itu sendiri mempengaruhi bagaimana orang-orang merasa dan bertindak di dalam organisasi

Alasan lainnya orang menggunakan teori, konsep dan teknik Perilaku Organisasi adalah agar mereka mampu memperbaiki, meningkatkan atau mengubah perilaku sehingga orang-orang, kelompok dan keseluruhan organisasi dapat mencapai tujuan organisasi secara lebih baik…

Memahami pengetahuan Organizational Behavior penting bagi semua karyawan di setiap level organisasi karena hal itu membuat mereka bisa mengapresiasi situasi pekerjaan secara lebih baik.

Mereka juga akan tahu bagaimana mereka berperilaku agar mereka bisa mencapai tujuan mereka (seperti memperoleh promosi atau memperoleh pendapatan yang lebih tinggi).

Tetapi pemahaman Perilaku Organisasi amatlah penting bagi para manajer karena mereka harus mengarahkan dan mengawasi aktivitas satu atau lebih karyawannnya.

Manajer yang memahami bagaimana karakteristik individu, kelompok dan organisasi mempengaruhi dan membentuk sikap dan perilaku di tempat kerja, akan bisa untuk mulai bereksperimen dengan mengubah satu atau beberapa karakteristik yang mungkin mempertinggi efektivitas organisasi.

Tanpa pemahaman mendalam akan Perilaku Organisasi, ia akan bertindak hanya berdasarkan perasaan atau perkiraannya yang kemungkinan besar tidak efektif.

Dengan mempelajari Organizational Behavior akan membantu para manajer dalam menghadapi tantangan perusahaan dengan lebih efektif karena Perilaku Organisasi memberi mereka seperangkat tools yang sudah teruji efektivitasnya.

Inilah yang akan dilakukan oleh para manajer jika mereka memahami Perilaku Organisasi:

  • Mereka akan mampu menaikkan harga diri atau rasa percaya diri pada karyawan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Ini dilakukan oleh manajer dalam menaikkan produktivitas karyawan atau meningkatkan kepuasa kerja mereka.
  • Manajer akan bisa mengubah the reward system untuk mengubah kepercayaan (belief) karyawan bahwa imbalan mereka berdasar pada kinerja karyawan itu sendiri.
  • Manajer akan bisa mengubah desain pekerjaan atau aturan dan prosedur menjalankan pekerjaan yang bisa mengurangi biaya, membuat pekerjaan lebih menyenangkan, atau membuat tugas lebih mudah dikerjakan.

Pelatihan Understanding & Managing  Organizational Behavior akan mengajak peserta memahami konsep-konsep inti perilaku organisasi sehingga mereka bisa segera menerapkannya di tempat kerja.

Peserta akan berkenalan dengan berbagai kuesioner yang bisa ‘memotret’ keadaan, pikiran, dan preferensi seseorang terhadap berbagai hal di perusahaan.

Kuesioner-kuesioner tadi mudah diterapkan pada karyawan agar para manajer memahami kecenderungan-kecenderungan para karyawannnya.

Dengan memahami lebih baik pada karyawannya, para manajer akan bisa menerapkan berbagai strategi yang bisa meningkatkan kinerja karyawan.

Materi Pelatihan:

  • Pembahasan tentang individu di dalam organisasi. Peserta akan mempelajari bagaimana berbagai factor seperti kepribadian, kecerdasan emosi, kreativitas dan motivasi dapat membantu organisasi dan anggota organisasi men-channel upaya dan perilaku mereka agar bisa mempertinggi efektivitas organisasi.
  • Pembahasan mendalam tentang personality, emotional intelligence, mood, emotion, values dan ethics dan bagaimana kaitan factor-faktor tersebut terhadap efektivitas organisasi.
  • Membahas berbagai cara yang bisa dilakukan oleh anggota organisasi untuk belajar dan penekanan pada pembelajaran berkelanjutan dengan memanfaatkan kreativitas.
  • Pembahasan motivasi, termasuk perkembangan teori dan riset terakhir di bidang motivasi.
  • Pembahasan tentang bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang memotivasi melalui desain pekerjaan, organizational objectives, dan goal setting.
  • Membahas hubungan karyawan termasuk masalah outsourcing, penilaian prestasi kerja (performance appraisal), pay differentials,dan boundaryless careers for motivation and performance.
  • Pembahasan akan difokuskan pada stress yang dihadapi karyawan, bagaimana stress bisa dikelola secara efektif, dan bagaimana menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan aspek kehidupan lain dari seorang karyawan.
  • Pembahasan akan dilanjutkan pada factor-faktor kunci yang mempengaruhi efektivitas kelompok dan tim.
  • Pembahasan ringkas tentang peran kepemimpinan transformasional dalam organisasi.
  • Pembahasan dilanjutkan dengan masalah power, konflik dan negosiasi yang efektif.
  • Pembahasan berlanjut tentang kunci-kunci konsep pengambilan keputusan, knowledge management, dan inovasi.
  • Karena budaya demikian penting, maka pembahasan dilanjutkan dengan aspek culture dan ethical behavior.
  • Terakhir, akan dibahas bagaimana mengelola perubahan organisasi (organizational change) sebagai dampak dari perubahan bisnis yang demikian cepat seperti sekarang ini.

Jadwal-jadwal Pelatihan Understanding & Managing Organizational Behavior yang akan datang:

  • 23 – 24 Agustus 2018
  • 20 – 21 September 2018
  • 18 – 19 Oktober 2018
  • 22 – 23 November 2018
  • 18 – 19 Desember 2018

Fasilitas:

  • Hotel Berbintang
  • Sertifikat Training
  • Modul (Hard Copy & Soft Copy)
  • Training Kit
  • Souvenir
  • 1x Lunch dan 2x Coffee Break
  • Konsultasi kepada trainer jika ada materi yang belum jelas
Biaya Pelatihan adalah sebesar Rp. 3.800.000,- per peserta.

Untuk mendaftar pelatihan ini, silakan klik dan isi form pendaftaran pelatihan.

Atau anda bisa telpon atau sms kami pada no:

  • 0813-2161-6080
  • atau 0851-0161-0108
  • atau 0819-1058-7707

E-mail : info@borobudur-training.com

Facebook : Borobudur Training & Consulting

Twitter : @pelatihan_btc

Instagram : borobudurtraining